Lima Jam Menari, Out of Frame

0
273

KOTA MALANG  |  Menari 5 jam di kampung warna warni adalah suatu penyadaran serta upaya menumbuhkan ide atau kreatifitas berkesenian masyarakat urban (metropolis). Prodi kesenian Universitas Negeri Malang yang mempunyai tanggung jawab dalam pemajuan kesenian dan budaya, berupaya menumbuhkan niat berkesenian dan mendorong munculnya suatu kesenian di masyarakat Jodipan, terutama di wilayah kampung warna warni.

Dengan gelaran acara 5 jam menari diharapkan, masyarakat tergugah dan mulai menyukai kesenian apapun bentuknya yang bersumber dari kampung warna warni sendiri. Tanggal 23 september 2018 besok Universitas Negri Malang kembali meneguhkan niat dalam pendampingan seni budaya masyarakat Kampung warna Warni, dengan Tema Out of frame. Gelaran 5 jam menari kali ini adalah yang kali ketiga setelah di tahun 2016 dengan tema “Mannequen challenge” dan di tahun 2017 bertema “Pernikahan Wewe”.

Menari 5 jam kali ini dimaksudkan untuk memberikan penegasan simbolik. Bahwa seni pertunjukan yang diekspresikan di ranah metrolopis melompat pagar, baik yang tradisional atau yang kontemporer.

Kenapa terjadi demikian, seni pertunjukan di ranah metropolis tidak memiliki ‘tuan,’ ‘ayah’ atau ‘induk’ yang mampu mengayomi. Mereka menjadi liar, tumbuh diberbagai sudut kota dan mengharapkan laku untuk di “jual’ sebagai produk pariwisata (?)

Hal ini sebuah tertanda, pengalaman berkesenian menjadi semakin hampa, jauh dari upaya pembentukan kultural, pelakunya menjadi tidak humanis, mereka tidak ubahnya bagaikan pedagang dibapar.

Menggelar 5 jam seni pertunjukan yang dilakukan mahasiswa prodi seni pertunjukan jurusan seni pertunjukan dalam rangka 50 tahun jurusan seni dan desain ini. Memberikan edokasi positif bagi mahasiswa dan juga masyarakat. Apakah seni pertunjukan ke depan akan menjadi ekspresi jiwa manusia dan mampu mengungkapkan dinamika estetik.(*)

Didukung oleh

1. Ikatan alumni pendidikan seni tari dan musik
2. Agus Dadak Purwa
3. Mahasiswa Program studi pendidikan seni tari dan musik tangkatan 2014-2018
4. Masyarakat seniman seni pertunjukan di Malang raya.
5. Dosen PSTM
Contak person Robby Hidajat +62 812-3423-0924 (koordinator)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here