KPU Sosialisasi Pemuhtahiran Daftar Pemilih Pemilu 2019

0
87
Saat sosialisasi DPT Pemilu

KABUPATEN MALANG  | Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Malang, mensosialisasikan pemutakhiran data daftar pemilih pada Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, yang berlokasi di hotel Grand Cakra, Rabu (26/9).

Pada awak media, Santoko, ketua KPU mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pemutakhiran data pemilih, yang bakal dipakai saat Pemilu 2019 nanti. Karena diperkirakan jumlah daftar pemilih, mengalami penambahan dengan adanya pemilih pemula dan daftar pemilih tambahan. “KPU akan berusaha mendata semaksimal mungkin pada daftar pemilih yang nantinya menjadi Daftar Pemilih Tetap,” terang, Santoko.

KPU daerah memiliki waktu 60 hari guna melakukan perbaikan daftar pemilih, waktu yang diberikan itu berdasarkan rapat pleno saat rekapitulasi DPT pada tanggal 16 september lalu di kantor KPU Pusat. Dimana pada rapat pleno itu dilakukan perbaikan DPT, secara nasional dan dipastikan terjadi perubahan data pada DPT tersebut.

“Dengan masuknya daftar pemilih emula pada saat Pemilu nanti, maka akan berpengaruh juga pada daftar pemilih yang ada pada DPT,” kata Santoko.

Sememtara itu, Choirul Anwar, Staf Bagian Program dan Data KPU Jawa Timur menjelaskan, dalam perbaikan tersebut yang bakal dilakukan KPU tidak hanya pembetulan DPT. Berasal dari adanya DPT ganda, juga termasuk sejumlah temuan terkait pemilih yang belum memiliki e-ktp. “Mendasar pada UU no 7 tahun 2017, pemilih harus sudah ber e-ktp sebagai syarat sahnya,” ungkapnya.

Dengan diberinya waktu selama 60 hari, diharapkan KPU dapat melaksanakan perbaikan daftar pemilih secara maksimal dan akurat. Sebab waktu yang diberikan cukup panjang, agar mereka dapat inten saat melakukan perbaikan.

Perlu diketahui namtinya Kabupaten Malang, pada saat Pemilu akan ada sebanyak 8490 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang tersebar di 378 desa dan 12 kelurahan pada 33 jecamatan. Demikian juga dengan jumlah pemilihnya, juga alami perubahan yang disebabkan meninggal dunia dan pindah alamat. “Jumlah pemilih kabupaten alami penurunan sebamyak 6126 pemilih,” tegas Anwar.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here