DAK SD Digelontor Rp 19 Milyar

0
82

KABUPATEN MALANG  |  Dana alokasi khusus (DAK) Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Malang, segera diberikan. Sedikitnya sekitar Rp 19 milyar, dana yang akan dikucurkan pada penghujung tahun ini.

Kepala Bidang SD Disdik Kabupaten Malang, Slamet Suyono, dalam keterangan menjelaskan bahwa pelaksaan DAK SD, tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Yakni, tetap dilaksanakan secara swakelola oleh SD.

“Yang membedakan, tahun ini anggaran DAK hanya untuk SD negeri. Sementara untuk SD swasta, tidak ada,” kata Slamet seraya menambahkan bahwa DAK SD sekitar Rp 19 milyar atau mengalami kenaikan sekitar Rp 1,5 milyar dibandingkan tahun 2017.

Disinggung mengenai rencana penggunaan anggaran, Slamet mengaku, tidak ingat perinciannya secara detail. Namun, beberapa poin diantaranya untuk ruang kelas baru (RKB) kepada sekitar 10 SD.

“Seingat saya, alokasi untuk RKB ada sekitar 15 ruang. Jumlah itu, akan disebar ke 10 SD. Sehingga, per lembaga mendapat antara satu sampai dua RKB,” ujarnya.

Poin lainnya penggunaan anggaran, ungkapnya, untuk rehab terhadap sekitar 55 SD. Dengan uraian, ada sekitar 190 pelaksanaan rehab.

“Rehab ringan anggarannya sekitar Rp 45 juta. Sementara rehab berat, sekitar Rp 67 juta,” imbuhnya.

Terkait dengan pelaksanaan, Slamet mengaku, menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah. Karena, anggaran tersebut akan segera digulirkan dan pencairan anggarannya dibagi dalam tiga tahap.

“Saya harap, tetap swakelola. Meski pun, kita tidak tahu bagaimana nantinya sekolah melaksanakan,” paparnya. (sit)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here