TPA Talangagung Alami Kabakaran

0
119
Kebakaran yang ada di tpa talangagung

KABUPATEN MALANG  |  Warga sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung Kepanjen, kabupaten Malang, sempat di kejutkan dengan terbakarnya tumpukan ban bekas yang ada di TPA pada hari Sabtu (6/7). Sebagai penahan tanah agar tidak longsor sekaligus sebagai pembatas dengan lahan warga.

Awal mula kejadian itu sendiri sekitar pukul 12.30 wib yang diketahui oleh pekerja TPA, Abdul Kholik (42) dan temannya Yusuf, Dia, menuturkan asal api dari selatan sebelah bawah dilahan milik warga. Karena angin kencang dan kondisi sangat terik dan kering api rerus merambat sampai pada tumpukan ban bekas.”saya berusaha melokalisir api tapi gak berhasil, akhirnya lari laporan pada pak Rudy,”terang, Kholik.

Begitu ada laporan kebakaran kepala UTD TPA Talangagung, Rudy Santoso, langsung menghubungi PMK kabupaten Malang untuk minta bantuan. Begitu ada laporan kebakaran pihak PMK langsung, kirimkan mobil Damkar 3 unit unyuk memadamkan api yang membakar ban bekas tersebut.

“api berasal dari selatan bawah di lahan milik warga, tetapi gak tahu siapa yang melakukan pembakaran lahan tersebut,”kata, Rudy.

Namun beruntung, lanjut Rudy, akibat kesigapan dari petugas PMK, api dapat dikuasai dalam waktu satu jam kemudian, dalam kejadian itu tidak sampai ada korban luka dan tidak sampai menimbulkan kerugian besar. “kalau sampai sampah yang terbakar kerugian yang kita alami mencapai ratusan juta, beruntung itu diluar lahan pembuangan,”paparnya.

Perlu diketahui bahwa pada TPA Edukasi Talangagung sampah yang disana, diolah menjadi gas methan dan disalurkan pada 300 rumah warga yang ada disekitar TPA. Makanya sampah yang ada disana tidak dibakar, namun ditampung pada lubang yang cukup besar dan didalamnya penih jaringan penangkap gas methan.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here