Fisik Atlet Sangat Penting untuk Menghasilkan Tenaga

0
68

JAKARTA   |  Dokter spesialis olahraga Arie Sutopo menegaskan, pemeriksaan kesehatan atlet penting sekali untuk mengetahui kondisi fisik, stamina, Endurance maupun keluhan awal yang dialaminya. Dengan harapan, semua data atlet akan diketahui lebih awal sebelum melakukan latihan lebih jauh dalam persiapan menuju suatu event yang akan diikutinya.

“Pada umumnya pemeriksaan kesehatan atlet yang tergabung dalam program Pembinaan Olahraga Berkelanjutan (POB) cukup baik. Bahkan tidak ada keluhan yang sangat signifikan,” tegas dokter spesialis olahraga, Arie Sutopo Sp.KO di Jakarta, Senin (29/10).

Arie yang juga bidang tekhnik dalam POB melanjutkan, latihan fisik bagi atlet yang tergabung dalam POB sangat penting sekali, apapun cabangnya. Meski ia mengakui setiap latihan fisik atlet disesuaikan dengan cabang yang ditekuninya.

Seperti halnya cabang atletik dan panahan atau catur. Latihan yang dilakukan penekanannya berbeda. Untuk catur hanya terfokus pada endurance yang dapat meningkatkan daya tahan seorang atlet.

Dengan harapan, atlet catur yang tampil dalam pertandingan mengalami fisik dan daya tahan yang bagus. Namun bila fisiknya lemah, maka daya tahannya juga akan berpengaruh. Kondisi seperti itu yang diterapkan dalam POB dalam menangani atlet yang tergabung dalam Pelatda DKI Jakarta.

Sedang bagi atlet panahan, sudah jelas penguatan otot tangan dan pembakaran kekuatan fisik harus ditingkatkan. Dengan perbandingan fisik harus terjaga mencapai 10 persen dalam latihan setiap harinya.

Adapun faktor non tekhnik seperti psikolog bisa mencapai 40 persen lebih. Dengan begitu daya fokus melakukan bidikan cukup besar selain dikombinasi dengan pembakaran fisik yang mumpuni.

Sedang untuk cabang atletik sudah jelas harus terfokus pada kekuatan kaki atau tangan. Dengan begitu latihan fisiknya harus lebih, mencapai 90 persen. Sedang untuk faktor psikologis hanya berkisar 10 persen yang dapat mempengaruhi dalam pertandingan.

Melalui berbagai perbedaan dalam latihan fisik itu papar Arie, akan menghasilkan prestasi yang optimal. “Dengan begitu latihan fisik atlet dari berbagai cabang sangat penting, sesuai dengan kebutuhan dan cabangnya masing-masing,”tambah Arie lagi. (Nycko)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here