Dinsos Pemkab Situbondo, Mulai Menyalurkan KKS BPNT

0
79

SITUBONDO  |  Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Situbondo, mulai menyalurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang merupakan program dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada keluarga penerima  manfaat (KPM).

Untuk tahap pertama Dinsos Pemkab Situbondo menyerahkan KKS BPNT  kepada sebanyak 1700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kota, Situbondo.

Kepala Dinsos Pemkab  Situbondo, Lutfi Joko Prihatin  mengatakan,  dalam program ini pihaknya  sudah  menunjuk sebanya  144 e-waroeng,  yang  bertindak sebagai penyalur resmi bantuan pemerintah dan sudah berbadan hukum. Warung tersebut menjual bahan pangan yang diperlukan.

“Idealnya, setiap e-waroeng melayani 250 KPM. Seharusnya ada 284 e-waroeng yang harus kita sediakan, karena total penerima KKS sebanyak 70.657 KPM, tetapi untuk permulaan masih ada 144 unit, nanti akan dilanjut sampai kebutuhan terpenuhi,”ujar  Lutfi JP.

Korlap penyaluran KKS PIN dan  buku tabungan BNI Firman Alif mengatakan,  dalam program  BNI akan menyalurkan uang sebanyak Rp110.000 setiap bulan. Namun, penerima tidak bisa mencairkan berupa uang, melainkan harus ditukar dengan sembako jenis beras dan telur senilai uang tersebut. “Uang itu hanya bisa ditukar di elektronik waroeng (e-waroeng) yang sudah ditunjuk oleh Dinas Sosial setempat,” terangnya.

Sementara itu, Sulianti (55), salah seorang  warga Kelurahan Dawuhan, Situbondo berharap BPNT yang diterimanya tidak hanya bisa ditukar dengan beras dan telur, tetapi juga dengan sembako jenis lainnya, seperti minyak dan gula.

“Kebutuhan pokok rumah tangga itu kan, tidak hanya beras dan telur, tetapi minyak goreng juga penting,”kata Sulianti.

Menurutnya, pihaknya bersyukur bisa menerima BPNT yang tak lain adalah pengganti bantuan beras sejahtera (rastra). Sebelumnya, dirinya  mendapat bantuan rastra sejak awal adanya bantuan sosial yang didistribusikan Bulog tersebut.(fat)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here