Kurang dari Kouta, BKP SDM Situbondo Nunggu Kebijakan Pusat 

0
58
Kepala BKP SDM Pemkab Situbondo Akhmad Yulianto.

SITUBONDO  |  Dari jumlah total sebanyak 4.823 peserta  tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemkab Situbondo, namun hanya 157 orang peserta  yang dinyatakan  lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Padahal, sesuai dengan Permenpan nomor 36 Tahun 2018 tentang kriteria penerimaan CPNS, yang harus lolos tes SKD di lingkungan Pemkab Situbondo, sebanyak 681 orang peserta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Situbondo Ahmad Yulianto mengatakan, jika pada tahun 2018, Situbondo mempuyai kouta sebanyak 227  formasi CPNS.”Sesuai permenpan 36, sebanyak tiga kali lipat dari jumlah formasi itu, yakni 681 yang harus lolos SKD,” kata

Menurutnya, sesuai informasi terakhir dari Kepala BKN pusat, dalam menentukan jumlah tiga kali lipat dari formasi tersebut, nantinya  akan ada pemeringkatan bagi peserta yang tidak lolos SKD. Pemeringkatan akan dilakukan dari nilai tertinggi. Bagi mereka yang masuk dalam pemeringkatan tersebut, akan diloloskan untuk mengikuti tes selanjutnya, yakni Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

“Kita ambil sesuai dengan kekurangan jumlah formasi. Namun hingga saat ini opsi itu secara resmi  belum dikeluarkan oleh BKN,”imbuh Ahmad Yulianto.

Namun, khusus untuk sebanyak  157 peserta yang lolos SKD secara murni, mereka dipastikan akan mengikuti tes selanjutnya, yakni Seleksi Komtensi Bidang (SKB). Pada tahap ini mereka akan diuji terkait kemampuan bidang sesuai dengan formasi yang dilamar. Misalkan melamar guru olahraga, akan dites kemampuan bidang olahraga.

“Setelah ikut SKB, akan ditentukan siapa yang berhak lolos menjadi CPNS yang akan diurus nota pertimbangan Nomor Induk Pegawainya (NIP),” katanya.

Sedangkan jadwal tes SKB masih menunggu dari BKN pusat, sembari menunggu kekurangan formasi yang akan dipenuhi melalui pemeringkatan nilai peserta yang tidak lolos SKD. Jika tempat tes SKB dilakukan di tempat yang sama saat tes SKD, maka akan ada tiga tempat, diantaranya, Jember, Surabaya dan Kediri.

“Untuk tes SKB tetap dilaksanakan oleh Panselnas, pemerintah kabupaten hanya mendukung saja. Kapan dan dimana, kita tunggu informasi selanjutnya,”pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 157 peserta tes CPNS yang memenuhi passing grade, diantaranya, Formasi Khusus sebanyak 21 orang, Formasi Umum sebanyak 136 orang, dengan rincian, tenaga kesehatan 46 orang, tenaga guru 63 orang dan tenaga teknis 27 orang.(fat)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here