Stand UMKM Ikut Ramaikan Kegiatan Larung Sesaji

0
132

KABUPATEN MALANG  |  Dalam menggiatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu adanya media pemasaran, hal itu juga menjadi pemikiran Perusahaan Daerah (PD)Jasa Yasa saat pelaksanakan rangkaian larung sesaji. “Pembukaan stand yang kami sediakan tidak hanya untuk usaha pabrikan, tapi juga untuk UMKM,” terang, Achmad Fais Wildan, Direktur Utama PD. JY, Jumat (23/11)

Pada awak media, Wildan, menjelaskan bahwa kegiatan larung sesaji itu merupakan kegiatan tahunan, yang dilakukan oleh Warga yang bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur pada Allah atas rejeki yang diberikan.

Namun tidak hanya itu saja bahkan dalam rangkaian kegiatan, pihak Jasa Yasa juga menyediakan stand bagi para pelaku usaha. Apakah itu usaha pabrikan atau UMKM, namun pihak PD. JY lebih mengutamakan UMKM.

“Bahkan dalam stand yang kami sediakan juga mengundang UMKM dari kota tetangga,” katanya.

Pihak UMKM yang di undang, lanjutnya, diwakili dari kota Tulungagung yang bergerak dalam bidang usaha Teh dari bunga Rosela, Krupuk rambak dan kopi khas Tulungagung serta beberapa produk lainnya. “Namun juga ada penggiat lainnya seperti pelestari benda pusaka seperti keris dari malang,” urainya.

Wildan, juga menjelaskan kegiatan larung sesaji ini yang dilakukan oleh warga desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang yang berlokasi di pantai Ngliyep. Kegiatan tersebut tidak hanya di ikuti oleh warga sekitar, namun juga oleh umat Hindu dari Tengger, Tulungagung, Blitar dan Bali.

Ada dasarnya kegiatan larungvsesaji itu dikuti oleh seluruh kerabat labuh, bahkan seluruh masakan yang dilabuh mulai dari awal hingga selesai seluruhnya dilakukan oleh kaum laki-laki. “Mereka itu saat memasak harus menjalankan ibadah puasa, hingga prosesi labuh sesaji selesai bari berbuka puasa,” paparnya(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here