Kopi Merah Jambuwer, Memikat Hati Sandiaga Uno

0
122
Sandiaga Uno saat berjabat tangan dengan perwakilan petani kopi merah

KABUPATEN MALANG | Kabupaten Malang terkenal dengan produk sektor perkebunannya. Bahkan produk perkebunan telah menjadi komoditi ekspor cukup lama dan merajai pasar mancanegara selama beberapa tahun lalu sampai kini.

Kopi adalah salah satu produk dari sektor perkebunan yang sampai saat ini menjadi rajanya ekspor dari Kabupaten Malang.

Selain Kopi Amstirdam yang menjadi produk unggulan Kabupaten Malang di mancanegara sampai sekarang, ada juga kopi jenis robusta unggulan yang tumbuh di lereng Gunung Kawi sebelah selatan dengan ketinggian 380-600 DPL. Tepatnya di Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan yang sejak lama telah tumbuh perkebunan kopi. Kopi ini dikenal dengan sebutan Kopi Merah Jambuwer.

Salah satu perwakilan petani kopi merah Jambuwer, Kusnan menyampaikan kepada Cawapres nomor urut dua Sandiaga Uno bahwa biaya produksi kopi yang tingggi berbanding terbalik dengan harga jual yang amat rendah saat musim panen tiba.

“Biaya produksi dan pupuk mahal, tapi saat panen harga kopi selalu jatuh. Semoga pak Sandi bisa memperjuangkan petani kopi di Kabupaten Malang,” ujar Kusnan.

Jika terpilih nanti, Kusnan berharap, agar Sandi mampu memperjuangkan dan meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya petani kopi, agar bisa sejahtera lagi.

Menanggapi keluhan petani kopi tersebut, Sandi mengatakan, “Kopi disini sangat enak sekali, jika terpilih, kami pasti memperjuangkan apa yang diinginkan petani kopi. Kalau di Jakarta harga secangkir kopi itu tidak pernah turun,” ucap Sandi.

Lebih lanjut, ia menambahkan, biaya produksi tanam kopi juga harus ditekan. Sedangkan untuk pemasaran kopi petani nanti, Sandi berjanji akan membantu dalam pemasarannya. (Yahya).

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here