Manfaatkan Pekarangan, KRPL Desa  Klampokan  Panen Raya Sayuran dan Buah-buahan

0
99
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, dan ibu Umi Kulsum, saat melakukan panen perdana di KRPL Klampokan.

SITUBONDO  |  Kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kampung Hijau di Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur,  menggelar panen perdana tanaman sayuran,  buah buahan dan sumber pangan protein hewani dengan memanfaatkan demplot pekarangan,   Selasa (27/11/2018).

Panen perdana tersebut dihadiri Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto,  bersama ibu   Ummi Kulsum,  Kepala Badan Ketahanan Pangan,  Camat Panji,  Kepala Desa Klampokan, dalam panen perdana dengan tema “Optimalisasi pemanfaatan Sejengkal Tanah dan Setetes Air Menuju Situbondo Mandiri Pangan”.

Usai  melakukan panen perdana, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, tentang pentingnya kebersamaan,  sesuai  dengan bidang dan  tugasnya masing-masing.”Dengan harapan, kebersamaan  dan pembagian tugas tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Situbondo,”kata Bupati Dadang Wigiarto, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, untuk meningkatkan  hasil produksi KRPL Desa Klampokan, Kecamatan Panji, pihaknya  meminta kepada kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Situbondo,  Camat maupun  Kades Klampokan,  untuk terus mendampingi,  menemani  KRPL  Kampung Hijau ini secara berkesinambungan agar tetap eksis keberadaannya.  Terutama pendampingan pasca panen,  sebagaimana tema yang mengandung makna filosofis “Sejengkal Tanah dan Setetes Air Menuju Situbondo Mandiri Pangan”.

“Semangat pemanfaatan lahan pekarangan agar menghasilkan nilai ekonomis,  untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya,  yang telah dibuktikan dengan panen perdana ini,  apabila tidak ada pendampingan dalam pemasarannya tidak menutup kemungkinan akan kalah bersaing dipasaran. Bahkan, akan mengalami kerugian,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pemkab Situbondo Budi Priyanto mengatakan, KRPL   Kampung Hijau merupakan salah satu kelompok binaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo.”Mereka telah berhasil membudidayakan berbagai sayuran,  ternak lele dan ayam kampung dilahan pekarangannya,”kata Budi Priyanto.

Menurutnya, meski masih tahap awal,  namun KRPL memberikan harapan yang menggembirakan. Hasilnya setelah dikonsumsi sendiri,  kelompok ini masih memiliki keuntungan yang cukup signifikan.” Sehingga pekarangan warga yang  masih luas dan berpotensi jika dikelola dengan baik,  dapat mengangkat harkat kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu,  Dinas Ketahanan Pangan akan terus melakukan pendampingan, sesuai dengan harapan bapak Bupati Situbondo,”pungkasnya.(fat)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here