Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Catin Menangkan Panji Kesehatan Singkirkan Kecamatan Lainnya

Catin Menangkan Panji Kesehatan Singkirkan Kecamatan Lainnya

0
156
Camat Kepanjen dengan membawa panji bidang kesehatan dan piagam

KABUPATEN MALANG  |  Program yang dicanangkan kecamatan Kepanjen tentang kesehatan, bagi Calon Pengantin (Catin) yang bekerjasama dengan Puskesmas Kepanjen. Ternyata menjadi juara ke satu dalam bidang kesehatan, atas prestasi tersebut camat Kepanjen Abai Saleh memperoleh Panji-panji dalam bidang kesehatan.

Penyerahan panji-panji hasil kinerja 33 kecamatan sewilayah kabupaten Malang, secara langsung diserahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati, Drs. HM. Sanusi MM. seusai dilakukan upacara hari jadi Korpri ke 47 yang berlangsung dihalaman pendopo agung kabupaten Malang Kamis (29/11).

Penyerahan panji-panji hasil kinerja seluruh kecamatan, merupakan hasil seluruh kegiatan kecamatan mulai dari pelayanan, administrasi, pembangunan, pendidikan, serta bidang kesehatan. Pada kegiatan tersebut memang tidak semua iecamatan berhasil semua, bahkan ada kecamatan yang jeblok tidak berhasil meraih panji-panji kinerja.

“Keberhasilan hasil kinerja itu dinilai tim penilai independen, jadi keberhasilan itu tidak dibuat-buat namun benar-benar hasil kinerja yang dilakukan kecamatan pemenang,” kata, Abai Saleh.

Seperti yang dicapai, lanjutnya, kecamatan Kepanjen dalam bidang kesehatan, itu merupakan inovasi yang dilakukan kecamatan bekerjasama dengan Puskesmas. Dimana program itu adalah untuk menciptakan keluarga kecil sehat bahagia, yang dilakukan bagi para Calon Pengantin. “Program Catin ini merupakan program tingkat awal, yang dilakukan oleh para calon pengantin,” urai, Abai Saleh.

Secara terpisah, Astutik, salah satu staf Puskesmas Kepanjen menjelaskan, bahwa pernikahan itu identik dengan sex. Maka sebelum mereka melaksanakan pernikahan, oleh Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N/Modin) menyarankan agar mereka melakukan konseling terlebih dahulu ke puskesmas. Sebelum melakukan konseling mereka dilakukan tes kesehatan, pada dua calon mempelai. “Tes kesehatan itu bertujuan untuk mengetahui apakah perempuan atau lakinya ada penyakit atau tidak,” ujar, Astutik.

Jika ditemukan penyakit pada calon pasangan pengantin itumereka diobati, dalam proses engobatan ini sifatnya terbuka tidak ada rahasia bagi Catin. Hal itu bertujuan untuk kedepannya agar jangan sampai memiliki anak beresiko, akibat penyakit yang diderita oleh orang tuanya. “Karena program Catin ini untuk menciptakan geberasi yang sehat dan handal bagi enerus bangsa,” papar, Astutik.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here