Paramedis Puskesmas Tumpang Lakukan Tes Urine

0
38

KABUPATEN MALANG  |  Sebagai upaya pencegahan serta penanggulangan peredaran Narkotika, Badan Narkotika Nasional (BNN) kabupaten Malang, dalam hal ini Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN melakukan tes urine pada 50 tenaga medis dan paramedis yang ada di kecamatan Tumpang, Senin (3/12).

Pada awak media, Letkol laut (PM) Agus Musrihin, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi program pemberdayaan masyarakat anti narkoba. Disamping itu juga menghindari adanya pengguna, narkoba dalam lingkungan pegawai. “Cara yang lenih mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes urine,” terangnya.

Apalagi tenaga dan para medis dalam melayani masyarakat, harus terbebas dari hal-hal yang bisa membuat kesalahan dalam penanganan. Karena para petugas yang ada di bidang kesehatan terutama pada Puskesmas, dituntut pelayanan cepat dan baik sebagai pertolongan pertama sebelum tindakan lebih lanjut.

“Pencegahan peredaran narkoba tidak hanya pada masyarakat, namun bisa dilalukan pada pegawai swasta atau pemerintah,”kata, Agus.

Karena sekali mencoba, lanjut Agus, narkoba bisa menjadi keterusan, hal itu tidak mengenal apakah itu masyarakat, pegawai atau anak muda. “Maka dari itu kegiatan pencegahan itu tidak pilih-pilih, BNN melakukannya pada semua unsur masyarakat,” urainya.

Sedangkan menurut, Agus Priyono, Kasi P2M. BNN kabupaten Malang, tes urine yang dilalukan pada pegawai Puskesmas Tumpang, disamping sebagai bentuk sinergitas antara BNN dan Puskesmas Tumpang. Juga sebagai langka menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan pencegahan ini juga dalam rangka, mewujudkan Intruksi Presiden (Inpres) no 6 tahun 2018 tentang: Rencana Aksi Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika Tahun 2018 – 2019.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here