Stok Sembako Hadapi Natal Tahun Baru Aman

0
117
Operasi yang dilakukan Satgas Pangan dipasar Lawang

KABUPATEN MALANG- Persediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) jelang Natal dan tahun baru, untuk wilayah kabupaten Malang masih dalam posisi aman. Demikian juga dengan harganya masih dalam kondisi stabil, hal itu seperti yang dikatakan, Hasan Tuasikal, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Pasar kabupaten Malang, Senin (10/12).

Pada awak media, Hasan, menjelaskan harga Sembako masih dalam kondisi stabil, kalaupun ada kenaikan nilainya tidak terlalu besar rata-rata masih 1%. Kecuali pada cabe merah (besar) ada kenaikan 2,82%, demikian juga dengan bawang merah alami kenaikan hingga 7%. “hal itu disebabkan kondisi cuaca, biasa kalau sudah masuk musim penghujan alami kenaikan,”urainya.

Sedangkan untuk beras harga pada setiap pasar, yang ada diwilayah kabupaten alami kenaikan namun tidak sampai 1%. Kebaikan yang paling besar hanya pada beras IR 64, kenaikan yang dialami pada setiap pasar sebesar 1,24%.

“Dengan demikian untuk wilayah kabupaten Malang masih belum perlu untuk dilakukan Operasi Pasar, karena yang terjadi belum sampai pada 20% pada setiap komoditi Sembako,”kata, Hasan.

Hasan, juga menuturkan pada awal bulan desember lalu pihaknya juga melakukan Operasi Makanan Minuman Kosmetik dan Obat-Obatan (OMKA), namun dari operasi tersebut tidak ditemukan makanan dan obat-obatan yang berbahaya.” dalam OMKA tetswbut ada dua tim yang bergerak kearah selatan dan utara dengan sasaran pasar dan minimarket,”tuturnya.

Tetapi saat Satgas Pangan Polres Malang melakukan operasi dengan sasaran pasar Lawang, justru menemukan borak (uya bleng/ketek) seberat 5 kg lebih ada tiga kios. Bahan tersebut merupakan untuk pembersih closed dan kebanyakan digunakan untuk campuran bakso dan krupuk.

Bahkan operasi yang dilakukan Satgas Pangan Polres juga menemukan Bumbu racik kemasan, teh poci, jamu yang kedaluwarsa dan menemukan roti yang sudah menjamur namun masih dijual. Padahal menurut Kabid Perdagangan itu, untuk menemukan hal tersebut sangat sulit di pasar Lawang. Karena pedagang yang ada disana sangat cepat dalam memberi info pada yang lainnya kalau ada petugas.

Namun berkat bantuan anggota Pokres Malang sebanyak Satuan Setara Kompi (SSK) yang ikut membackup, operasi satgas pangan beehasil menemukan borak (ketek) serta makan lain yang sudah kedaluwarsa.” Tim tadi turun lengkap yang tergabung dalam Satgas Pangan seperti dari Perindag, Dinkes, Dishub, Satpol PP dan Polres sendiri,”tegas, Hasan.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here