Reuni Pekerja Pers Malang Dekade ’80

0
330

KABUPATEN MALANG | Sekitar 40 orang pekerja pers di Malang dekade ’80 menggelar reuni ke-3, Minggu siang (16/12/2018). Wadah silaturahim yang dibentuk tiga tahun lalu itu bernama “Nawas”, kependekan dari “Nawak Lawas” (teman lama).

Peserta reuni “Nawas” tak sedikit yang sudah berpredikat kakek dan nenek. Kendati demikian para mantan pekerja pers itu tetap tampak ceria di lokasi acara, di Desa Gading, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Reuni kali ini “dibandari” H. Cholik, mantan wartawan Harian Pagi “Suara Indonesia” (“SI”), angkatan 1983. Putra Gondanglegi itu dikenal sebagai PNS sukses di lingkup Pemkab Malang setelah melepas profesi jurnalis. Ia meniti karier dari staf humas hingga menjabat camat di beberapa wilayah kecamatan. Terakhir pensiun sebagai Camat Bululawang, 2018.

Para pekerja pers yang berhimpun di “Nawas” nyaris semua mantan karyawan Harian Pagi “SI”. Satu-satunya koran yang terbit di Malang kala itu, awal dekade ’80. Berkantor pusat di Jln. K.H. Hasyim Ashari (Talun), Kota Malang.

Pekerja pers dimaksud meliputi pekerja bidang redaksi (wartawan dan redaktur), serta bidang usaha (administrasi, lay out, pracetak, iklan, sirkulasi, distribusi). Pemimpin Umum Harian Pagi “SI” kala itu “Ebes” Soegiono, Walikota Malang.

Catatan matamedia.co.id, “Ebes” masih sempat memimpin “SI” setelah “naik” menjadi Wakil Gubernur Irian Jaya dengan pangkat bintang satu di pundaknya (brigadir jenderal TNI). Setelah kantor pusat “SI” dipindahkan ke Jln. Kolonel Sugiyono (Gadang), barulah “tongkat komando” Harian Pagi “SI” diserahkan kepada anak sulungnya, Eddy Rumpoko.

Ketua “Nawas”, H. Sudarno, dalam sambutanya berharap reuni dalam wujud silaturahim itu bisa terwujud secara periodik. Mantan karyawan “SI” bidang usaha itu meyakini, silaturahim banyak faedahnya. Salah satunya memperpanjang usia.

Sebelumnya, H. Cholik sebagai “tuan rumah” reuni kali ini juga mengungkapkan senada. Pensiunan camat yang kini maju sebagai caleg DPRD Kab. Malang Dapil 1 lewat Partai Nasdem itu juga menyampaikan terima kasihnya kepada para senior yang mendidiknya. Ia sebutkan, antara lain Yunanto (Redaktur Kota “SI”) dan Sentot Sutiono (fotografer senior). Tak lupa ia juga mohon dukungan doa dalam kontestasi pileg 2019. (Yahya)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here