Warga Kranggan Keluhkan Jalan Desa Membahayakan

0
106
Kondisi jalan yang longsor

KABUPATEN MALANG  |  Jalan penghubung yang ada di desa Kranggan dengan desa Maguan kecamatan Ngajum, kabupaten Malang. Merupakan akses jalan penghubung satu-satunya yang ada, namun kondisinya sangat memprihatinkan dan membahayakan bagi pengguna jalan tersebut.

Pasalnya saat ini jalan tersebut mengalami longsor, sehingga badan jalan yang ada sekitar 2 meter saja.”Kondisi itu sangat membahayakan bagi pengguna jalan, apalagi kalau malam hari,” ujar  Radi (42) warga desa kranggan RT 5 RW 6, Rabu (26/12)

Padahal kondisi seperti itu sudah lama terjadi, bahkan warga sudah melaporkan hal itu pada desa. Sehingga terkesan desa membiarkan hal itu, tanpa ada penanganan yang mengarah pada jalan yang longsor tersebut.

“Padahal kejadian longsornya jalan tersebut sudah lama, sedangkan yang parah sekitar setahunan,” kata, Radi.

Sementara itu menurut, Endi Wicakto, Sekretaris Desa (Sekdes) Kranggan terkait longsornya jalan penghubungi tersebut, pihak desa sudah melaporkan pada kecamatan.”Bahkan pernah dilihat oleh anggota DPRD dari komisi 4, namun hingga saat ini belum ada tanggapan,”ujarnya.

Bahkan Sekdes itu juga jelaskan, bahwa pihak desa juga sudah melaporkan hal itu pada Dinas Bina Marga, karena jalan tersebut merupakan jalan kabupaten. Sebab merupakan jalan penghubung antar desa, bukan jalan penghubung antar dusun.”Kalau longsornya sudah sejak lama, namun parahnya pada musim penghujan sekarang ini karena sudah mulai makan badan jalan,”tegas, Endi.

Secara terpisah, Tito Febrianto, Camat Ngajum, mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan hal itu pada dinas b8na marga, agar segera dilakukan pembangunan. Karena memang kondisinya sangat membahayakan, apalagi pada tikungan terjadinya longsoran itu.

Namun untuk sementara pihaknya meminta pada desa, untuk memberi tanda dengan memasang patok. Disamping sebagai pengaman bagi pengguna jalan juga untuk menahan tanah agar tidak sampai terjadi longsor lagi.”Namun saya sudah melaporkan hal itu pada atasan dan meminta pada dinas bina marga untuk secepatnya melakukan pembangunan,”tegasnya.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here