Kecamatan Lebih Rawan Kecurangan PPK Harus Tingkatkan Tugasnya

0
123
Santoko, ketua KPUD kabupayen Malang

KABUPATEN MALANG  |  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Malang, meminta pada Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK), agar lebih meningkatkan dan fokus tupoksinya. Pasalnya tingkat kerawanan dan potensi kecurangan lebih kuat pada tingkat kecamatan. Hal itu seperti diungkapkan ketua KPU kabupaten Malang saat lakukan pelantikan 165 anggota PPK, Rabu (2/1).

Apalagi Pelaksanaan Pemilihan Umum Legilatif dan Presiden tinggal menghitung hari, “kami menekankan kepada badan pekerja ad hoc (PPK) agar fokus dalam tugasnya dan menghindari diskusi yang tidak produktif yang berkaitan dengan konstetasi Pemilu,”tegas, Santoko, ketua KPU kabupayen Malang.

Dia juga menambahkan agar para petugas KPU di tingkat kecamatan berlaku adil, dengan memberi akses informasi dan pelayanan yang sama kepada para peserta pemilu. Dengan begitu diharapkan dapat meminimalisir timbulnya sengketa dan perselisihan diantara peserta maupun pendukung Pemilu.

“Apalagi honorarium petugas mengalami kenaikan dibanding sebelumnya, mereka harus bisa melakukan yang terbaik dan mensukseskan Pemilu nanti,”kata, Santoko.

Dalam pelantikan PPK yang dilakukan secara serentak di Indonesia, Ketua KPU kabupaten Malang menyatakan ada kenaikan honorarium bagi petugas penyelenggara Pileg dan Pilpres. Dimana honorarium untuk PPK Rp 2 juta, PPS Rp 900 ribu dan KPPS Rp 550 ribu.

Karena pelaksanaan Pileg dan Pilpres saat ini nampaknya akan lebih lama, sebab ada kenaikkan tempat kegiatan dan penghitungannya dimulai dari Pilpres dulu. Sedangkan untuk persiapan pelaksanaan Pemilu di 8.409 TPS di wilayah kabupaten Malang saat ini sudah maksimal. “Persiapan kita sejauh ini sudah bagus, kita siap untuk melaksanakan Pileg maupun Pilpres, mohon doanya agar nanti semua bisa berjalan lancar aman dan kondusif,”pungkas, Santoko.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here