Disduk Capil Blusukan Lakukan Perekaman Pada Pemula

0
62
Dr. Ir. Sri Meicharini, MM, Kepala Disduk Capil Kabupaten Malang

KABUPATEN  MALANG- Guna memenuhi akan data kependudukan yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), maka pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Malang blusukan mengejar target yang ada. 

Karena berdasarkan data jumlah penduduk kabupaten Malang sebanyak 2.475.680 jiwa, dari jumlah tersebut yang wajib memiliki KTP sebanyak 2.102.001 orang. “Saat ini yang sudah ber ktp ada sebanyak 1,9 juta atau 95,36%, kekurangan akan kamivlakukan perekaman secara keliling ke desa-desa,” terang, Dr. Ir Sri Meicharini, Minggu (10/3)

Demi memenuhi target untuk mencapai wajib KTP melakukan perekaman, pihaknya juga mendatangi lembaga pendidikan tingkat atas maupun sederajat untuk melakukan perekaman. Hal itu dilakukan guna memenuhi instruksi Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, bahkan hal itu juga dilakukan bagi warga yang belum melakukan perekaman.

“Untuk melakukan perekaman bagi yang belum kami bersurat pada kecamatan dan desa, agar semuanya dapat melakukan perekaman ktp elektronik,”kata, Meicharini.

Karena dari wajib KTP hingga saat ini yang belum lakukan perekaman jumlahnya masih ada 96 ribu orang, guna mensasar mereka Dispenduk Capil lakukan blusukan baik ke sekolahan tingkat SMA/SMK setiap hari Selasa dan Rabu. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu mendatangi desa-desa untuk melakukan perekaman.

Bahkan dalam memenuhi intruksi Dirjen kependuduk Capil, saat ini sudah tidak ada lagi warga kabupaten yang pegang Surat Keterangan (SuKet). Demikian juga yang masuk daftar Print Ready Record (PRR), semuanya sudah dicetakkan ktp. ” sejak tanggal 28 Maret 2019 sudah tidak adalah PRR dan SuKet, sudah tercetakan KTP semuanya sebanyak 127 ribu, artinya saat ini kabupaten malang zero PRR dan SuKet,” ujar, Rini.

Demikian juga bagi yang rekaman baru, imbuhnya, langsung dicetakkan ktp tanpa harus menunggu (PRR) atau diganti dengan SuKet dulu. ” saat ini setiap harinya rata-rata pemohon baru sebanyak 250 orang dan itu langsung dicetakkan  ktp, sebab stok keping ktp yang kita miliki masih cukup hingga bulan depan,” tegas, Rini.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here