Disduk Capil Kejar Tayang Hari Sabtu Minggu Tetap Buka

0
10
Pertugas saat lakukan perekaman

KABUPATEN MALANG  |  Menindak lanjuti surat Direktur Jendral  Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri no: 471.13/2518/DukCapil tanggal 28 Maret 2019, yang menindak lanjuti atas Putusan Mahkamah Konstitusi no: 20/PUU-XVII/2019 tertanggal 26 Maret 2019. Dimana surat tersebut bersifat final dan mengikat, agar daerah kota/kabupaten untuk menyelesaikan perekaman bagi penduduknya yang belum perekaman.

Atas dasar surat tersebut maka bagi DisdukCapil kota/kabupaten tetap melakukan pelayanan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya, “Makanya besok kami tetap lakukan pelayanan hingga jam 13.00 wib, disamping itu juga lakukan jebol anduk,” terang, Dr. Sri Meicharini, Kadisduk Capil kabupaten Malang, Selasa (2/4)

Disamping itu pihaknya juga meminta pada seluruh kecamatan juga berperan aktif, pada seluruh desa agar menginformasikan bagi penduduknya yang belum melakukan perekaman agar secepatnya untuk perekaman di kecamatan.

“Minggu lalu melalui Kabid PIAK membuat 70 ribu undangan berdasarkan data base, untuk lakukan rekaman melalui kecamatan atau datang langsung ke Disduk Capil,” kata, Rini.

Karena berdasarkan surat yang dikirimkan Dirjen DukCapil pada Gubernur, sebelum pelaksanaan Pileg Pilpres yang belum melakukan perekaman semua harus terselesaikan. “Maka untuk mengejar itu kami melakukan perekaman kelembaga pendisikan tingkat lanjutan atas (SMA/SMK) serta mendatangi desa-desa, seperti kemarin kami tembus 714 perekaman,” imbuh, Rini.

Apalagi dalam surat tersebut selain meminta hari libur tetap lakukan pelayanan, DisdukCapil harus memberi dukung KPU terkait, data pemilih yang belum cetak KTP namun sudah perekaman agar diberi surat keterangan.” Kalau dua perintah lainnya sudah kami laksanakan seperti jemput bola dan hari libur tetap buka,”tegas, Rini.

Perlu diketahui bahwa blangko yang saat ini ada di DisdukCapil sebanyak 7.500, namun hal itu tidak menjadi kekawatiran pihak DukCapil. Karena pihaknya akan melakukan pengajuan tambahan blangko jika nanti tinggal 1.000.

Sementara itu secara terpisah, Ichwanul Muslimin.,Camat Wagir, membenarkan bahwa pihaknya telah terima surat dari Disduk Capil untuk lakukan perekaman pada 2007 orang. Bahkan sebagian sudah dilakukan perekaman, saat ini yang belum lakukan perekaman sebanyak 879 orang (PRR) yang ada di wilayah kecamatan Wagir. “Informasi tersebut langsung kami kirim pada 12 desa yang ada di kecamatan Wagir agar yang belum secepatnya untuk lakukan perekaman,” jelasnya.

Bahkan saat ini petugas dari kecamatan, imbuh Ichwanul, sedang mengambil blangko ktp el, untuk orang yang belum perekaman atau Print Ready Record (PRR) yang dikirim oleh DukCapil agar nantinya yang lakukan perekaman bisa langsung dicetak KTP-el nya. “Memang saat ini blangko yang ada di kecamatan Wagir tinggal 10 lembar, jika memang nanti kehabisan mereka dapat surat keterangan,” urainya.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here