Tanah Longsor Tutup Jalan Penghubung Antar Kabupaten

0
34

KABUPATEN MALANG  |  Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dengan durasi waktu yang cukup lama, mulai pukul 13.00 sampai 03.00, yang melanda Desa Taji kecamatan Jabung kabupaten Malang. Memgakibatkan terjadi tanah longsor pada jalan yang menghubungkan Dusun Umbutlegi Desa Taji dengan Desa Mblaran kecamatan Nongkojajar kabupaten Pasuruan.

Pada awak media, Bambang Istiawan, wakil ketua PMI kab Malang menjelaskan, kejadian longsor iti pada Minggu (28/4) sekitar pukul 22.00 wib. “Memang hujan yang ada diwilayah kecamatan Jabung cukup lama dan intensitasnya lumayan deras, apalagi kontur tanah yang ada di sana muda longsor,”terang, Bambang, Senin (29/4)

Saat ini jalan penghubung tersebut tertutup material longsor, apalagi volume longsor cukup lumayan dengan lebar 3 meter dan tinggi 30 meter. Sehingga volume longsor tersebut menutup seluruh badan jalan sepanjang 50 meter dengan ketebalan antara 1 sampai 2 meter.

“Untuk sementara ini jalan tidak bisa dilewati, kalau warga mau ke desa sebelah demikian sebaliknya harus memutar,” kata, Bambang.

Kalak BPBD itu juga mengungkapkan, saat ini yang paling dibutuhkan peralatan berat untuk membersihkan material longsor, karena kalau dibersihkan dengan manual membutuhkan waktu cukup lama tidak kurang dari 3 hari.” mulai pagi warga bersama perangkat desa, PMI kec Jabung, KSR PMI kab Malang melakukan kerja bakti untuk membuka jalan,” urainya.

Upaya itu harus dilakukan warga secara gotong royong dalam membuka jalan, pasalnya jalan yang menuju lokasi longsor cukup sempit sehingga tidak memungkinkan untuk mendatangkan kendaraan berat. ” kami menghimbau pada masyarakat sekitar, kalau berkebun pada tebing yang cukup terjal gunakan sistim teras iring agar tidak mudah longsor,” papar, Bambang.

Perlu diketahui bahwa hampir sepanjang jalan yang ada di desa Taji, kiri kanan merupakan lahan pertanian. Jika musim hujan sepwrti saat ini jalan yang ada di sana sering longsor, apalagi kontur tanah yang ada cukup gembur dan kurangnya tanaman keras sebagai penahan.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here