Kursi DPRD Kabupaten Malang diDominasi PDIP, PKB Dan Golkar 

0
17
Santoko Ketua KPUD Kab Malang

KABUPATEN MALANG  |  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab Malang, telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten pada Senin (6/5), hasilnya PDIP, PKB dan Partai Golkar masih mendominasi perolehan kursi DPRD Kabupaten Malang. Meski secara resmi belum ditetapkan oleh KPUD kab. Malang terkait perolehan kursi, untuk setiap partai pada Dapil masing-masing.

Menurut, Santoko, ketua KPUD Kab Malang untuk peta komposisi DPRD Kab Malang secara umum masih diwarnai komposisi partai politik yang saat ini menduduki kursi DPRD Kab Malang. “Setelah menyelesaikan proses tahapan rekapitulasi tingkat Kabupaten perolehan suara untuk DPRD Kab Malang, terbanyak masih PDIP, disusul PKB dan Partai Golkar,”terangnya, Rabu (8/5)

Berdasar hasil rekapitulasi KPUD perolehan suara yang akan dipakai untuk perolehan kursi, akan mengalami perubahan pada beberapa partai terkait jumlah kursi yang diperoleh. Dari 50 kursi yang ada di DPRD komposisinya akan terbagi untuk PDIP 12 kursi, PKB 12 kursi, Golkar 8 kursi.

“Dari hasil suara terjadi penurunan pada dua partai besar, PDIP turun 1 kursi dibanding periode lalu dan yang paling drastis dialami Golkar periode lalu dapat 12 kursi tahun ini hanya dapat 8 kursi,” kata, Santoko.

Ketua KPUD kab Malang itu juga jelaskan selain PKB yang mendapat lonjakan perolehan suara, Partai Nasional Demokrat (NasDem) juga memperoleh kenaikan jumlah kursi di DPRD. Sebelumnya NasDem hanya memiliki 4 kursi, kini bisa menikmati kepemilikan 7 kursi dewan. Untuk Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) diperkirakan masih tetap memiliki tujuh kursi anggota dewan. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga diprediksi tetap memiliki dua kursi, demikian halnya Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), jatah satu kursinya masih bertahan pada periode 2019-2024.

Mengenai siapa saja nanti yang akan terpilih dan menjadi anggota DPRD Kab Malang, Santoko enggan berkomentar banyak. “Saya belum bisa berkomentar terlalu jauh, mungkin bisa ditanyakan ke para saksi caleg atau bapilu partai. Kami dari KPUD Kabupaten Malang saat ini fokus pada tahapan yang ada. Begitu selesai rapat pleno hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten, kami saat ini berada di Surabaya untuk menyerahkan hasilnya kepada KPU Provinsi Jawa Timur,”pungkas, Santoko.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here