Desa Telogorejo Batal Ikut Seleksi Tambahan Cakades

0
20
Saat para Cakades kerjakan tes tulis

KABUPATEN MALANG  |  Seleksi tambahan penjaringan Calon Kepala Desa (Cakades), yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kab Malang. Semula rencananya ada 23 desa dari 15 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 161 orang, karena desa Telogorejo kec Pagak salah satu calonnya mundur jadi gak ikut seleksi tambahan.

Pada awak media, Drs. Suwadji, Kepala DPMD kab malang menjelaskan, Seleksi akan dilakukan selama tiga hari mulai hari Selasa (21/5) sampai Kamis (23/5). Sedangkan hari pertama Selasa pagi akan dilakukan tes tulis dan dilanjut tes wawancara yang dilakukan oleh Tim independen sevanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dari Perguruan Tinggi UM dan UB dan 3 orang dari birokrasi Pemkab Malang, “Karena ada satu desa yang gak jadi ikut seleksi tambahan maka jumlahnya menjadi 155 dari jumlah semula sebanyak 161 orang,”jelasnya, Selasa (21/5)

emikian juga dengan jumlah desa serta kecamatan juga mengalami pengurangan, semula yang sudah sesuai daftar ada sebanyak 23 desa 15 kecamatan. Karena desa Telogorejo kecamatan Pagak gak jadi ikut seleksi tambahan, maka jumlah desanya menjadi 22 dan kecamatannya menjadi 14.

“Mundurnya salah satu calon yang berasal dari desa Telogorejo keputusan mendadak disampaikan tadi malam sebelum jam 12,” kata, Suwadji.

Tujuan dilakukan seleksi tambahan, lanjut Suwadji, pada desa yang Cakadesnya lebih dari lima orang, untuk mengkerucutkan calon menjadi lima orang. Namun yang lebih utama adalah untuk mendapatkan calon yang berkualitas, juga berdasarkan Perbup no 5 tahun 2018 tentang tata cara Pilkades.

Perlu diketahui nanti pada tanggal 30 Juni 2019, Pemerintah kabupaten Malang akan melakukan Pilakdes secara serentak dengan jumlah perserta 269 desa dari 33 kecamatan yang ada di Pemkab Malang. “Tanggal 30 Juni itu nanti merupakan Pilkades serentak gelombang ke 3 , mudah-mudah semuanya berjalan lancar sesuai rencana yang diharapkan,” tegas, Suwadji.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here