Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Kali Pertama, Visi-Misi Calon Kades Rejoyoso Diaktanotariskan

Kali Pertama, Visi-Misi Calon Kades Rejoyoso Diaktanotariskan

0
38
M. Bayu Kurniawan yang akrab disapa dengan julukan Abah Bayu

KABUPATEN MALANG | Langka tapi ada. Kali pertama di Indonesia, visi-misi calon kepala desa (cakades) “dikukuhkan” di hadapan notaris. Peristiwa langka itu terjadi di Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Hal langka tersebut dilakukan M. Bayu Kurniawan yang akrab disapa dengan julukan Abah Bayu. Ia salah satu dari empat cakades Rejoyoso dalam pilkades 30 Juni 2019.

Dalam Visi yang dinotariskan Abah Bayu menyebutkan, “Terwujutnya masyarakat Desa Rejoyoso yang tentram, maju, makmur dan berkeadilan”.

Adapun misi Aba Bayu tersebut berbunyi:

1. Hasil atau keuntungan selama masa jabatannya Saya, yang merupakan hak Saya, dari tanah bengkok seluas 8 hetar, akan Saya berikan dan dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Rejoyoso yang meliputi:

(a). Akan Saya anggarkan dana untuk anak yatim dan kaum dhuafa.

(b). Akan Saya anggarkan dana untuk orang sakit yang opname dan juga kematian.

(c). Akan saya anggarkan dana untuk anak kurang mampu dalam sekolah karena keterbatasan orang tua.

2. Bersikap transparan jika ada bantuan untuk Desa Rejoyoso, mengumumkan pada papan pengumuman desa, supaya masyarakat memperoleh hak-haknya.

Dalam Akta notaris tersebut, ia juga menyatakan, jika terpilih menjadi Kepala Desa Rejoyoso, akan bertanggung jawab semaksimal mungkin, menjunjung tinggi nilan Pancasila dan UUD 1945.

Dengan menotariskan Visi dan Misi tersebut, menurut Aba Bayu, sebagai tolak ukur dalam kinerja sebagai kepala desa jika terpilih nanti.

Selain itu, ia juga menegaskan, jika tidak melaksanakan sesuai Visi dan Misi yang di ucapkannya didepan notaris dan para saksi-saksi itu, dia bersedia dituntut secara hukum.

“Ya, Saya sadar Mas, pernyataan saya itu penuh dengan resiko, namun, kalo Saya amanah, apa yang perlu saya kawatirkan, karena nawaitu Saya, memimpin dan mengabdi sebagai kepala desa itu, guna kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Desa Rejoyoso kususnya,” tandasnya.

Sementara itu, Temi Murdiatmo, SH. MKn sebagai notaris yang menerima pernyataan Visi dan Misi dari Abah Bayu, saat dikonfirmasi mengatakan,” Ya, sepengetahuan Saya, ini baru kali pertama ada Visi dan Misi Cakades yang dinoriskan Mas,’singkatnya melalui sambungan telepon dengan jurnalis ini.

Perlu diketahui juga, Nilai ujian peringkat pertama dari sembilan orang peserta testing cakades Rejoyoso. Nilai yg diraih Aba Bayu yakni, 73,3. Ia merupakan rengking pertama dari kesembilan cakades yang ikut berlaga di Pilkades Rejoyoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. (Yahya).

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here