Disperindag Dukung Niat Alfamart Bantu Pemasaran UKM 

0
8
Muhamad Farug Asrori Regional CorCom Alfamart Malang dan Pantjaningsih Kadis Perindag

KABUPATEN MALANG  |  Niat baik Alfamart membantu pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang ada di wilayah kab. Malang mendapat dukungan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindag pasar). Hal itu seperti yang disampaikan oleh Dra. Pantjaningsih Sri Rejeki, Selasa (25/6)

Disperindag pada dasarnya selaku wakil dari pemerintah sangat welcome, jika ada toko modern seperti Alfamart berniat baik membantu pemasaran produk UMKM. Tetapi yang menjadi pertayaan apakah mereka menerapkan barcode, untuk produk yang berstandas SNI. “Karena masih banyak para pelaku UKM kita yang belum memiliki SNI, akhirnya dari banyak kejadian produk mereka akhirnya ditolak,” urai, Pantja.

Akhirnya pemerintah harus m3ngulurkan tangan melakukan bantuan, Disperindag untuk menfasilitasi dan membimbing para pelaku UKM untuk bisa mendapat standarisasi SNI.  “Tugas kita sebagai pemerintah untuk memfasilitasi mereka para pelaku UKM. Namun untuk memfasilitasi kita terbentur pada pengadaan bantuan peralatan dan lain sebagainya,” kata, Pantja.

Banyaknya pelaku UKM di Kabupaten Malang yang bergerak di bidang makanan dan minuman menarik perhatian toko modern Alfamart, apalagi sudah memiliki banyak jaringan Alfamart Malang ingin merangkul para pelaku UKM di Kabupaten Malang. Hal itu dilakukan karena wilayah kabupayen Malang banyak memiliki potensi, sehingga sangat banyak produk olahan yang dihasilkan UMKM berciri khas wilayah.

“Kita ingin memfasilitasi produk-produk UKM terutama makanan dan minuman yang setidaknya mempunyai ciri khas daerah setempat untuk dijual di Alfamart. Program ini sudah berjalan di Batu, Blitar, Trenggalek dan Kediri. Kebetulan untuk Kota dan Kabupaten belum,”jelas, Muhamad Faruq Asrori, selaku Manager Alfamart wilayah Malang.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Alfamart, kab. Malang memiliki potensi besar, seperti produk olahan keripik buah, banyak di Kabupaten Malang. Apalagi Pemkab Malang juga sedang menggalakkan program pengembangan pada bidang pariwisata, hal dipandang cukup membantu untuk pemasaran produk olahan yang dihadilkan UMKM.

Namun untuk menjual produk UMKM di jaringan Alfamart, mensyaratkan standar mutu yang harus dipenuhi oleh para pelaku UMKM yang ada. “Dengan jaringan toko yang kami miliki, tentunya akan memudahkan para pelaku UKM memasarkan produknya, namun tentunya ada standarisasi, misalnya harus ada ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), kemudian kemasannya harus diperhatikan,”tegas, Faruq.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here