Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Cakades Dalam Tahanan Menang Telak Atas Lawannya

Cakades Dalam Tahanan Menang Telak Atas Lawannya

0
8
Cakades Dalam Tahanan Menang Telah Atas Lawannya

KABUPATEN MALANG  |  Nampaknya warga Desa Druju kecamatan Sumber Manjing Wetan (Sumawe) kab. Malang, masih sangat percaya dengan Mujiono Cakades no urut 2, meski saat ini Mujiono berada di balik terali besi penjara Lowokwaru Malang. Karena yang bersangkutan diduga melakukan penyelewengan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Druju, sehingga saat ini dirinya menjadi tahanan Tipikor dan kasusnya masih berproses.

Pada awak media, Drs. Suwadji SIP. Msi, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menjelaskan, Mujiono tetap ditetapkan sebagai calon terpilih. Dia akan diproses lebih lanjut sesuai tahapan berikutnya, seperti calon terpilih lainnya dimana panitia melaporkan ke Badan Pemberdayaan Desa (BPD). Selanjutnya BPD melaporkan dan mengajukan pengesahan pada Bupati untuk dilakukan pelantikan, “Pelantikan nanti dilakukan bersamaan dg Kades terpilih lainnya, karena yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum sambil menunggu 0elantikan dia akan mengikuti proses hukum yg sedang dihadapi,”terangnya, Senin (1/7).

Guna mengikuti acara pelantikan bagi Mujiono, pihak DPMD akan melakukan koordinasi dengan Kejari dan Pengadilan Negeri Tipikor terkait teknisnya, karena saat ini kasusnya sudah dilimpah ke Kejari dan PN Tipikor. Sedangkan yang bersangkutan saat ini menjadi tahanan Tipikor dan dititipkan di LP Lowokwaru guna memudakan penyidikan terkait dugaan kasus penyelwengan dana DD dan ADD desa Druju selama Mujiono menjadi Kades.

“Terkait hal ini kami akan koordinasikan lebih lanjut dengan Kejari dan PN Tipikor bagaimana teknis yang terbaik,” kata, Suwadji.

Jika memang nantinya, lanjut Suwadji, setelah dilakukan pelantikan yang bersangkutan masih belum selesai menjalani masa tahananya, maka yang bersangkutan akan dihentikan sementara dari jabatannya sebagai Kades. “Hal itu mengacu pada Permendagri no 66 tahun 2017, namun lebih baik menunggu perkembangan lebih lanjut,” paparnya.

Sementara itu menurut, Iptu. Sutiyok, Kepala Unit (Kanit) Idik IV Satreskrim Polres Malang, untuk jabatan Mujiono sebagai Kades Druju nantinya akan diisi oleh Pejabat (Pj) Kades yang ditunjuk dari Pemkab Malang. “Karena Pak Mujiono tersangkut masalah pidana, otomatis kalau dia terpilih, nantinya akan ditunjuk Pj Kades sebagai gantinya,” tandasnya.

Perlu diketahui pada saat Pilkades serentak tahap III kemarin, Mujiono memperoleh suara sebanyak 3964 suara, sedangka Didik Istiawan mendapatkan 3051 suara. Dengan demikian, Mujiono unggul telak sebanyak 913 suara lawanya yang  masih kakak iparnya sendiri.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here