Pilkades Tahap III Sukses Aman Serta Lancar

0
26
Drs. Suwadji SIP. Msi, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Malang

KABUPATEN MALANG  |  Perhelatan Pilkades tahap 3 diwilayah kab Malang cukup berjalan sukses, karena pada seluruh desa peserta berjalan lancar dan aman. Hal itu bisa dilihat dari tingkat kehadiran masyarakat rata- rata pada setiap desa diatas 70%, berarti tingkat kesadaran masyarakat sudah membaik.

Pada awak media, Drs. Suwadji SIP. Msi, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Malang menjelaskan, pada 269 desa di 33 kecamatan yang diikuti oleh 858 Calon semuanya kondusif berjalan aman dan lancar. “Saya bersukur semuanya berjalan lancar pada pelaksanaan Pilkades tahap 3 hari Minggu (30/6) kemarin,” terang, Suwadji, Senin (1/7)

Dengan selesainya Pilkades tahapan 3, pihaknya berharap warga masyarakat tetap terjalin silaturahminya, kerukunan dan persaudaraan, sedangkan bagi calon yang kalah legowo, yang menang harus amanah, dan dapat merangkul semua pihak untuk dapat bisa membangun serta memajukan desanya dan meningkatkan kesejahteraan masyatakatnya.

“Kami secara lembaga maupun pribadi sangat mengucapkan terima kasih banyak pada warga peserta Pilkades dan seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Pilkades tahap 3,” kata, Suwadji.

Pada Pilkades tahap 3, lanjut Suwadji, Petahana sebanyak 213 orang sebagian besar masih terpilih kembali, hal ini menunjukkan kedewasaan dalam memilih pemimpin yang baik sudah dipahami oleh warga. “Kami cukup bangga kedewasaan demokrasi sudah baik, karena mereka sudah bisa menentukan pilihan pada calon yang dianggap baik dan bisa membangun desanya,” paparnya.

Memang tidak semua Petahana bisa mempertahankam jabatanya,namun juga ada beberapa desa yang mengalami kekalahan. Tetapi perlu disadari dalam proses demokrasi kalah dan menang adalah sesuatu hal yang wajar, sehingga jangan dijadikan ajang balas dendam namun jadikan sebuah pembelajaran dan anggap sukses yang tertunda.

Meski bisa dikata sukses menyelenggarakan pelaksanaan Pilkades, beberapa catatan masih menjadi bahan evaluasi bagi DPMD Kab Malang. “Ada beberapa penyempurnaan, perbaikan regulasi sedikit, untuk peningkatan kapasitas dan kualitas panitia,”ungkap mantan Kabag Humas Pemkab Malang.

Proses atau tahapan selanjutnya dari pelaksanaan Pilkades adalah pengajuan penetapan pemenang dari panita ke BPD, paling lama satu minggu sejak pelaksanaan Pilkades. “Kalau pelantikan di agendakan paling lambat 10 Oktober 2019, namun bisa maju jika memang proses semuanya sudah siap,”pungkas Suwadji.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here