Dispenduk Capil Hanya Mampu Cetak KTP Seribu Keping Setiap Bulan

0
5
Dr. SRI MEICHARINI Kadisduk Capil Kab Malang

KABUPATEN MALANG  |  Terbatasnya blangko keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diperoleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) kab. Malang dari pemerintah pusat, akibatnya Disduk Capil hanya mampu mencetak KTP baru hanya sebanyak 1.000 keping setiap bulannya.

Pada awak media, Dr. Sri Meicharini, Kadisduk Capil, menjelaskan pihaknya setiap bulannya hanya mendapatkan kiriman blangko keping KTP hanya 1.000 keping setiap bulanya. Padahal pengajuan yang dikirimkan pada Dirjen Dukcapil Depdagri, sesuai dengan kebutuhan yang sekarang ini berada pada Print Ready Record (PRR). “Padahal setiap harinya melakukan perekaman rata-rata sebanyak 481,” terang, Meicharini, Selasa (9/7)

Dengan terbatasnya ketersediaan blangko KTP terpaksa mereka yang melakukan perekaman, untuk saat ini diberi Surat Keterangan (Suket) atau KTP sementara yang nantinya bisa diganti dengan blangko KTP jika batas waktunya sudah habis. Tetapi pencetakan KTP pengganti Suket tidak bisa langsung dilakukan, melihat jumlah blangko yang ada.

“Sampai dengan bulan Mei- Juni jumlah Suket yang telah kami keluarkan sebanyak 25.787 pada pemohon KTP,” kata, Meicharini.

Padahal sampai dengan saat ini, lanjut Rini, Jumlah Suket yang telah keluar sebanyak 25.787 sedangkan posisi Print Ready Record sebanyak 12.593. Jumlah itu akan terus bertambah karena setiap harinya rekaman yang dilakukan rata-rata sebanyak 481.

Sehingga pihaknya tidak bisa memprediksi berapa bulan lagi, menyelesaikan penggantian Suket yang telah dipegang pemohon. Karena setiap bulannya rata-rata Dinas hanya mendapatkan kiriman blangko hanya sebanyak 1.000, itupun setiap kiriman hanya sebanyak 500 blangko. “Setiap bulannya bisa dua kali kiriman blangko dari Dirjen Dukcapil,” tegas, Rini.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here