DPRD Akan Mengkaji Lebih Detail Terkait Hibah ke UniBraw

0
37
Plt. Bupati didampingi Dinas Pertanahan dan Camat Kepanjen saat tinjau lokasi yang bakal dihibahkan

KABUPATENMALANG  |  Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan melakukan hibah lahan seluas 28 ha. yang berlokasi di Desa Panggungrejo kecamatan Kepanjen kabupaten Malang, pada Universitas Brawijaya (UniBraw/UB) yang akan dipakai lokasi Fakultas Kedokteran nampaknya kurang disetujui oleh DPRD kabupaten Malang.

Pada awak media, Drs. Hari Sasongko, ketua DPRD kab. Malang menjelaskan kami sebagai anggota DPRD akan mengkaji lebih detail lagi terkait aturannya. Karena UB berada dibawa naungan DikTi yang berada dalam Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, pasti bisa melakukan pembelian lahan jika hanya untuk pengembangan Pendidikan. “Karena masalah ini negara didalam negara jadi harus secara mendetail,” terangnya, Rabu (10/7).

Apalagi UB itu semua tahu bahwa merupakan Perguruan Tinggi yang hasilnya sangat banyak, karena mereka mengelola pendapatan dari para mahasiswa belum lagi anggaran yang didapat dari APBN. Kalau boleh dibilang disana itu ibarat perusahaan yang profet, sementara Pemkab Malang apa yang dihasilkan meski juga sama-sama menerima anggaran dari APBN.

“Meski masih dalam taraf wacana hal itu perlu perhatian khusus, apalagi nantinya masalah hibah aset yang dimiliki Pemkab Malang,” kata, Hari.

Apalagi nanti Pemkab Malang masih kebeban, melakukan perbaikan pada infrastruktur jalan. Sementara UB hanya melakukan pembangunan terhadap kampus yang rencananya akan di gunakan Fakultas Kedokteran. “Padahal masih banyak wilayah jalan yang butuh perbaikan dengan anggaran yang cukup tinggi, sedangkan tidak sepenuhnya multiflayer efeknya tidak sepenuh dirasakan Pemkab Malang,” papar, Hari.

Sementara itu secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) bupati Drs. HM. Sanusi MM. menjelaskan jika nantinya UB melakukan pembangunan Fakultas Kedokteran diwilayah Kepanjen, maka perkembangan didesa Talangagung dan Panggungrejo akan semakin cepat. “Secara umum keuntungan pemkab Malang melakukan peningkatan pada dunia Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian,” ujarnya.

Memang nantinya hibah yang bakal dilakukan oleh Pemkab Malang sesuai aturan yang ada, yaitu pihak UB mengajukan permohonan hibah tanah ke Pemkab Malang. Lantas Pemkab mengajukan ke DPRD untuk dilakukan kajian jika disetujui kemudian kita kirim ke Mendagri untuk dilakukan pembebasan lahan. “Karena yang bakal kita hibahkan itu merupakan lahan eks bengkok kelurahan Kepanjen dan Cempokomulyo,” terang, Sanusi.

Kenapa Pemkab yang bakal membuka frastruktur jalan yang bakal menuju Lokasi tersebut, hal itu juga sebagai wujud percepatan pembangunan dan pengembangan wilayah sekitarnya. “Jika nantinya pada wilayah Panggungrejo berdiri sebuah universitas pasti pertumbuhan ekonomi yang ada disana akan terdongkrak,” tegas, Sanusi.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here