Jelang Batas Akhir Pembayaran PBB Baru Lima Kecamatan Yang Sudah Lunas

0
8
Purnadi, kepala Bapenda Pemkab Malang

KABUPATEN MALANG  |  Bulan Agustus merupakan batas akhir pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi desa dan kelurahan, yang ditentukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Hal itu seperti yang diutarakan oleh, Purnadi, kepala Bapenda Pemkab Malang, Selasa (27/8)

Pada awak media, Purnadi, menjelaskan, jika nantinya mereka belum juga melunasi hingga batas akhir, secara otomatis Wajib Pajak (WP) akan dikenai sangsi denda sebesar 5% dari pokok pajak terhutang. “Denda yang dikenakan itu sudah berdasarkan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Perlu diketahui target PBB yang harus dipungut oleh Bapenda pada tahun 2019 sesuai buku 1 dan 2 pada desa/kelurahan sebesar Rp 46,3 milyar, sedangkan sampai saat ini masih terkumpul atau realisasi sebesar Rp 31,2 milyar (67,3%) dari target yang ditentukan.

“Kalau mengacu pada batas ketentuan tinggal 4 hari lagi batas akhir pelunasan PBB,” kata, Purnadi.

Namun untuk mencapai target yang telah ditentukan hingga batas akhir, Bapenda sudah meminta para camat untuk menginformasikan pada desa dan kelurahan yang ada diwilayahnya masing-masing. Jika nantinya sampai batas akhir belum juga dilunasi PBB yang terhutang pada desa/ kelurahan WP akan dikenai denda.

Bahkan guna mencegah terjadinya kebocoran PBB Bapenda meminta WP langsung bayar pada bank Jatim, hal itu sebagai langka pencegahan terjadinya penyelewengan atau atas uang yang dipungut oleh petugas. “Meski tidak menutup kemungkinan masih terjadi tapi sudah sangat minim, karena uang yang di setorkan langsung ke bank,” papar, Purnadi.

Mantan Kadispendukcapil itu juga utarakan, dari 33 kecamatan yang ada di wilayah Pemkab Malang yang sudah lunas ada 5 yaitu: kecamatan Tirtoyudo, Tajinan, Kromengan, Sumberpucung dan Pagelaran. Sedangkan sampai hampir batas akhir kecamatan yang paling rendah menyetorkan PBB ke Bapenda hanya sebesar 35% nomer satu kecamatan Pakisaji, Ampelgading, Jabung dan Donomulyo.

Sedangkan yang lainnya sudah mencapai 40% bahkan ada yang lebih dari angka tersebut, sedangkan desa yang sudah lunas ada sebanyak 140 desa.” Untuk desa yang lunas mendahului secara bersamaan yaitu desa Pangungrejo kec. Gondanglegi, desa Sukorejo kec Tirtoyudo dan desa Sempalwadak kec Bululawang,” tegas, Purnadi.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here