Hubungan Kultural Hungaria-Indonesia Menyapa Jombang

0
26

Wayang Cing-CingMong & Petir Hum & Dani Iswardana, merupakan grup kolaborasi antara Dani Iswardana (pelukis wayang beber), Sri Waluyo (dalang dari Tegal), dan Peter Szilagyi (antropolog dari Hungaria).

Mereka menyajikan BALAMOA (bala: teman dan moa: selesai), suatu dongeng atau mitos yang berasal dari Hungaria, yang berjudul Feherlofia. Menceritakan putra sang kuda putih. Mitologi ini tersebar di Asia Tengah, dan juga di beberapa wilayah Eropa, dalam berbagai versi. Mitologi dihadirkan dalam nuansa budaya Jawa. ‘Suatu upaya mempertemukan dua budaya Hungaria-Indonesia dalam satu cerita memang tidak mudah. Dengan menyentuh akar budaya yang sudah dikenali masyarakat, akan lebih mudah dalam proses menyampaikan pesan cerita kepada masyarakat,” kata Peter Szilagyi.

Peter Szilagyi merayakan kewarganegaraan Indonesia-nya di Dusun Kedungsari. Desa Kendalsari, Sumobito, Kab. Jombang.

Pertunjukan mereka sangat menarik. Dani Iswarda memainkan sketsa wayang bebernya pada Overhead Projector (OHP). Bayangan sketsa pada layar dimainkan oleh dalang Sri Waluyo. Dan kadang ketika sang dalang bermain wayang golek, Dani menggambar secara langsung pada lembar plastik di atas OHP yang dipancarkan ke layar. Dalang Sri Waluyo dalam pentas ini memainkan wayang kulit dan juga wayang golek. Dengan iringan berspirit tradisi pantura yang hidup dan dinamis, membuat betah penonton.

Yang menarik lagi, Peter Szilagyi yang baru menjadi WNI, merayakan kewarganegaraan Indonesia-nya di Dusun Kedungsari (5/10). Di sore hari, parade drumband Walisongo, Dusun Kedungsari, memainkan iringan lagu Indonesia Raya dan mengajak Peter dan penonton untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Suasana terasa guyub dan haru.

‘Kami berterima kasih kepada Kedutaan Besar Hungaria, Jakarta, yang telah menghadirkan Wayang Cing Cingmong dan Peter Sylagyi di Dusun Kedungsari, Desa Kendalsari, Jombang, yang mau menyapa warga desa – untuk merekatkan hubungan budaya Hungaria- Indonesia,” papar Irwan Sayudi, Ketua Panitia Kenduri Seni Rupa Wayang Beber Indonesia.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here