Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Tim Kecamatan Berseri Lakukan Penilaian Pada Kecamatan Kepanjen

Tim Kecamatan Berseri Lakukan Penilaian Pada Kecamatan Kepanjen

0
12
Tim verifikasi saat tinjau lapangan diwilayah Kepanjen

KABUPATEN MALANG  | Agenda rutin tahunan dalam menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Malang yang ke 1259, selalu dilakukan perlombaan Kebersihan dan Kesehatan ditingkat kecamatan. Seperti yang berlangsung pada saat ini, dimana mulai beberapa hari ini tim penilai keliling mengunjungi 33 kecamatan sewilayah kabupaten Malang.

Penilaian juga dilakukan pada kecamatan Kepanjen sebagai Ibu Kota Kabupaten Malang, tim verifikasi yang dipimpin oleh Ir. Mieke Agustuati dari UB yang beranggotakan empat orang dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan dan Pendidikan. “Karena yang diferivikasi atau dinilai itu tidak hanya wilayah permukiman saja tetapi lembaga pendidikan, pasar, perkantoran,”terang, Abai Saleh, Rabu (13/11)

Dalam lomba kecamatan berseri merupakan bagaimana wilayah tersebut dalam mengimplementasikan, serta penanganan sampah serta limbah yang ada diwilayahnya. Namun yang paling terpenting adalah menyadarkan, masyarakat kecamatan tersebut sadar akan kebersihan dan teknik penanganan sampah baik dalam lingkungan rumah tangga maupun lembaga serta pasar.

“Untuk wilayah Kepanjen yang dilakukan verifikasi Kelurahan Cempokomulyo, Puskesmas Kepanjen, Pasar Desa Sengguruh tempat wisata Milkindo dan SDN 02 Kepanjen,” kata, Abai.

Semoga saja, lanjut Abai Saleh, lokasi yang disajikan masuk dalam kategori penilaian dan bisa meraih juara pertama, karena hampir semua lokasi yang disajikan sudah melakukan pengelolaan sampah secara baik. ” bahkan semuanya menyediakan  Ruang Terbuka Hijau (RTH), sedangkan pada lingkungan permukiman maupun perkantoran juga menyediakan ToGa,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa pembinaan atau penyadaran pada seluruh elemen,  baik lingkungan perkantoran, hunian, pendidikan maupun pasar, sudah dilakukan sejak lama dan terus menerus tidak hanya menjelang lomba saja. “Penyadaran atau pemahaman akan arti penting kesehatan serta kebersihan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga seluruh warga,” tegas, Abai Saleh.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here