Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Fakultas Kedokteran Gigi Lakukan Baksos saat Peringati Hari Jadi Universitas Brawijaya

Fakultas Kedokteran Gigi Lakukan Baksos saat Peringati Hari Jadi Universitas Brawijaya

0
7
Kegiatan pengobatan gratis

KABUPATEN MALANG  |  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (UB) dalam rangka memperingati Hari Jadi (dies natalis) ke 57 Universitas Brawijaya, melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pengobatan gratis pada masyarakat Desa Kesamben kec. Ngajum kab. Malang. Baksos pengobatan gratis ini merupakan kali kedua bagi FKG UB, hal itu seperti yang diutarakan oleh dr. Novi khila Firani, MKes,Sp,PK, Sabtu (30/11).

Sebelumnya kegiatan yang sama juga dilakukan di kota Blitar, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk menyehatkan masyarakat secara umum. Gigi merupakan salah satu organ yang juga butuh perawatan, sebab sering kali hal itu diabaikan oleh masyarakat. “FKG sebagai panitia dies natalis UB, melakukan kegiatan pengobatan gratis pada masyarakat,” urai, dr. Novi.

Dalam kegiatan ini FKG juga menggandeng Puskesmas setempat, sebab dalam baksos pengobatan tersebut tidak hanya masalah gigi saja. Tetapi juga melakukan pengobatan penyakit ringan lainnya, jika ada tindakan medis lebih lanjut maka ada tujuan sebagai rujukan.

“Baksos pengobatan penyakit ringan pada masyarakat ini kami mendatangkan 45 orang dokter umum dan gigi,” kata, Novi.

Wakil Dekan Bidang umum dan keuangan FKG itu juga menjelaskan, jika dalam kegiatan pengobatan penyakit ringan yang terjadi pada masyarakat ini ditemukan perlu adanya tindakan medis lebih lanjut, maka pihaknya akan merujuk kepuskesmas atau rumah sakit terdekat. “Jika ditemukan penanganan gigi oebih lanjut kami akan merujuk ke RS UB karena disana banyak dokter spesialis serta peralatan yang memadai,” papar, Novi.

Terpisah, dr. Dyan Nawang Palupi Permatawari MKes. Panitia pelaksana kegiatan mengutarakan, kegiatan yang dilakukan FKG ini selain melakukan pengobatan secara gratis juga melakukan edukasi pada masyarakat. Karena betapa pentingnya melakukan perawatan gigi dan pola hidup sehat, bila gigi sudah rusak jika dipakai untuk makan akan terasa sakit.

Memang selama ini masih belum ada data pasti terkait kasus karies gigi, maka dengan melakukan pengobatan gratis ini sekaligus melakukan scranning kasus karies gigi khususnya diwilayah malang. “Nantinya kami juga melakukan edukasi pada masyarakat seperti saat di kota blitar kami melakukan pada siswa SMA,” tegas, dr.Dyah.

Perlu diketahui kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan oleh FKG UB pada masyarakat Desa Kesamben kec. Ngajum kab Malang itu, secara langsung dibuka oleh bupati Malang Drs. H.M. Sanusi MM. Dalam sambutan pembukaannya, bupati sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan FKG.

Karena dengan dilakukanya pengobatan tersebut, bisa diketahui kondisi kesehatan pada masyarakat kabupaten Malang secara khusus. Oleh karena itu kerjasama antara UB dan Pemkab Malang harus terus dijalin, guna peningkatan kesehatan masyarakat baik itu melalui pengobatan gratis maupun melalui edukasi. “Kerjasama seperti ini harus terus dibina, demi peningkatan kesehatan masyarakat secara umum,” ungkap, Sanusi.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here