Seratus IKM Terima Sertifikat Halal Dari Perindag

0
8

KABUPATEN MALANG  |  Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan Pasar kabupaten Malang, pada hari Kamis (26/12) menyerahkan sertifikat halal pada 100 IKM (industri kecil menengah)binaan Disperindag. Karena selama ini msh banyak produk IKM yang belum berlebel halal pada kemasannya, padahal produk olahan tersebut sudah memenuhi untuk konsumen secara umum.

Sebanyak 100 IKM yang menerima sertifikat halal itu berasal dari 25 kecamatan, dengan berbagai produk olahan seperti kripik, wingko golong, tahu dan berbagai macam olahan lainnya. “Memang untuk sementara ini tidak semuanya dari IKM yang ada berlebel halal, namun kedepan semuanya akan berlebel,” terang, Dr. Agung Purwanto, Kadis Prindag Pasar kab. malang.

Diharapkan nantinya hasil produk olahan IKM yang sebanyak 23 ribu, akan berlebel halal semua sehingga tidak membuat ragu para konsumen yang akan membelinya. Namun itu menuju kesana akan dilakukan secara bertahap, setiap tahunnya paling tidak bisa melebel 200 produk olahan IKM.

“Pada tahun depan duperkirakan sebanyak 200 IKM yang akan mendapatkan sertifikat halal,” kata, Agung.

Sertifikat itu semuanya diberikan secara gratis, dimana setiap penerbitan sertifikat halal biayanya sebesar Rp 4 juta ditanggung oleh APBD. “Pada tahun 2020 nanti akan terbitkan 200 sertifikat, terbagi dua tahap awal tahun dan pertengahan,” papar, Agung.

Secara terpisah, Endang Tri Pujiastuti,perwakilan IKM sangat berterima kasih dengan diberikannya sertifikat halal pada produk olahan IKM, sehingga semakin memperkuat hasil produk olahan yang dikeluarkan oleh IKM. “Kami sebagai pengusaha kecil sangat terbantu dengan dikeluarkannya sertifikat halal oleh Disperindag untuk produksi kami,” tegas, Endang.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here