Hadapi Bencana Simulasi Terpadu Digelar Polres Pasuruan

0
4
Polres Pasuruan yang menggelar simulasi terpadu kesiapan penanggulangan bencana alam di wisata Air Terjun Kakek Bodo, Rabu (8/1/2020) pagi. (Foto : Aziz)

PASURUAN  |  Polres Pasuruan menggelar Simulasi Terpadu Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam bersama instansi terkait dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, di area Wisata Air Terjun, Kakek Bodo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Rabu (8/1/2020) pagi. Kegiatan ini untuk antisipasi terjadinya bencana alam.

Simulasi ini diikuti kurang lebih 400 peserta gabungan dari TNI, Polri, Pemkab Pasuruan (Satpol PP, BPBD, Dinkes, Dinsos, Dishub), aparatur desa, relawan, masyarakat dan pelajar, juga Rayon II Banser, yang meliputi wilayah Pandaan, Prigen, Sukorejo, Purwosari dan Purwodadi

Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, kegiatan Simulasi Terpadu Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam ini diasumsikan terjadi bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di tempat Wisata Air Terjun Kakek Bodo, agar sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Menurut Rofiq, simulasi dilaksanakan sesuai dengan kondisi riil potensi rawan bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan.”Di sini mendapat gambaran apa yang harus kita lakukan apabila terjadi bencana sesungguhnya. Harapannya bisa memberikan gambaran kepada peserta,” terang Kapolres.

Rofiq berharap, adanya kerawanan bencana yang terjadi, harus ditunjang sarana dan prasarananya.”Tiga pilar membentuk posko terpadu kesiapan penanggulangan bencana alam. Selain itu juga membuat dapur umum sebagai bagian dari kesiapan pelayanan kepada para korban,” sambung Kapolres Rofiq.

Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji mengapresiasi Polres Pasuruan atas pelaksanaan Simulasi.”Mudah mudahan di kabupaten pasuruan tidak terjadi bencana. Tapi bila terjadi bencana dengan adanya kegiatan seperti ini, sudah ada pembagian tugas masing – masing dan harus berbuat apa,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab Pasuruan akan mendukung penuh dalam kesiapan sarana dan prasarana tangani bencana dengan menyiapkan mobil ambulans dan obat – obatan. Pihaknya juga telah membentuk posko tanggap bencana yang tersebar beberapa kecamatan seperti Bangil, Grati dan Winongan.

Hadir dalam simulasi, Pasiter Kapten Kav Nurkholis, mewakili Dandim 0819 Pasuruan, Wakapolres Pasuruan, Kompol Hendy Kurniawan, anggota Komisi 1 DPRD Pasuruan dari Fraksi PDIP, Sugianto, Kakesbangpol Pasuruan Zainuddin dan Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana.

Juga hadir jajaran Forkopimka Rayon II (Pandaan, Prigen, Sukorejo, Purwosari, Purwodadi), Asper Polhut BKPH Lawang Barat Nur Ikhsanudin, Senior Manager Wisata Klaster Tretes Sunardi, Ketua Banser Cabang Bangil Hariono, Ketua Banser se Kec Rayon II (Pandaan, Prigen, Sukorejo, Purwosari, Purwodadi. (ziz)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here