Banyak Program Bansos Tidak Tepat Sasaran, Ini Kata Isro Mi’raj

  • Whatsapp
banner 728x90

Cilegon,- Matamedia.co.id,- Terkait banyaknya bantuan sosial yang diduga tidak tepat sasaran kepada masyarakat ketua DPRD Cilegon Isro Mi’raj Angkat bicara.

Pasalnya data Penerima bantuan PKH, BPNT serta BLT -BBM banyak yang sudah pindah tempat maupun meninggal dunia masih muncul dalam pencairan program batuan sosial dari pemerintah Daerah maupu pemerintah pusat.

“Iyah makanya ini kan kegiatan yang selalu berulang ulang kan iyah. Artinya harusnya ada data yang real. Data yang real itu kan pemerintah itu banyak sektor,”ungkap Isro Mi’raj saat menghadiri final turnamen bola Liga Bentola Super League 2022. Minggu, 19/9/2022.

Menurutnya, data dari pusat itu tidak terlalu efektif, sehingga pusat belum tentu mendapatkan laporan data yang real di lapangan, sehingga diperlukan perbaikan data penerima bantuan, PKH, BPNT maupun BLT- BBM.

“Saya rasa data dari pusat itu tidak terlalu efektif. Karena pusatkan tidak selalu mendapatkan laporan yang real,”ujarnya.

Isro Mi’raj menambahkan Dinsos Cilegon agar segera memperbaiki data tersebut. Pihak Dinsos juga harus bekerjasama langsung dengan Kelurahan. Baik itu dari Kasi Kesos maupun peran RT RW, para kader dan Pera pendamping program pusat maupun daerah.

“Karena  mereka yang tau betul betul tau data yang di lapangan. Mana yang RTS, yang masih tinggal di Cilegon atau yang sudah pindah,”

“Kayak kasus di Gunung Sugih misalkan sudah banyak pindah ke Anyer. Nah ini kan harus betul betul terferikasi dengan baik. Jangan sampai orang yang sudah pindah di Kabupaten Serang malah dia masih mendapatkan BLT BBM dari Pusat,”tambahnya.

Isro Mi’raj juga meminta pada Dinsos Kota Cilegon untuk segera memperbaiki data yang real yang memang mendapatkan BLT BBM dari Kemensos.

“Saya meminta kepada Dinsos Kota Cilegon se efektif mungkin dan serapih mungkin serta betul betul tepat sasaran dalam melakukan pendistribusian BLT BBM ini dengan tepat sasaran. Jangan sampai ini kompensasi dari BBM Naik masyarakat yang memang harus betul betul mendapatkan itu (BLT BBM-Red)  justru menjadi persoalan baru. Ketika harusnya mendapatkan malah tidak mendapatkan,”ungkapnya.

Diketahui, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harapan.

Bantuan Langsung Tunai atau disingkat BLT adalah program bantuan pemerintah berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya, baik bersyarat maupun tak bersyarat untuk masyarakat miskin.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.